KPU Pasaman Musnahkan 19.351 Lembar Surat Suara Pemilu Rusak

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Sebanyak 19.351 surat suara sisa dan rusak dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Pemusnahan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Surat suara tersebut dimusnahkan oleh komisioner KPU dengan cara dibakar di Halaman Gedung Olahraga (GOR) Tuanku Rao, Selasa (16/04/2019) malam, dengan disaksikan pihak Bawaslu Pasaman dan Polres Pasaman.

"Jadi untuk jumlah surat suara yang dibakar ada 19.351 yang terdiri dari surat suara rusak dan atau kelebihan surat suara. Pemusnahan tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan yang ada serta menghindari penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi kepada Indonesiasatu.co.id di sela-sela pemusnahan surat suara, Selasa (16/04/2019).

Sebelum dinyatakan rusak, surat suara telah disortir oleh petugas. Adapun surat suara yang dinyatakan rusak antara lain jika terdapat beberapa kriteria seperti gambar tidak jelas, tinta terlalu tebal sehingga merubah bentuk, kertas terpotong, terdapat bercak tinta, sobek, terdapat lubang dan lain-lain.

Editor: Anto

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita