Wabup Resmikan Pemakaian Mushola Yang Didirikan Anggota Polres

INDONESIASATU.CO.ID:

TANAH DATAR - Masyarakat Jorong Taruko Sitangkai Nagari Taluak Kecamatan Lintau Buo melaksanakan syukuran atas telah selesainya pembangunan Mushalla Nur Arifin, walau sebelumnya mushalla yang awalnya diinisiasi oleh seorang anggota Polres Tanah Datar Bripka. Firman Z dan swadaya masyarakat ini sempat terhenti akibat kekurangan anggaran, maka berkat bantuan pemerintah daerah melalui dana Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (BKBK), pembangunan mushalla ini rampung di tahun 2019.

Kehadiran mushalla yang juga dilengkapi fasilitas MCK yang sangat didambakan selama ini, masyarakat adakan syukuran dan undang Wakil Bupati Zuldafri Darma sekaligus meninjau langsung bangunan mushalla tersebut, Senin (15/04).

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Zuldafri Darma mengatakan, ini patut disyukuri, karena selama ini masyarakat di sekitar dan pengguna jalan yang melintasi arena ini dan beristirahat maupun menunggu angkutan umum sulit untuk beribadah maupun yang ingin ke kamar kecil (WC).

Dengan adanya Mushalla Nur Arifin yang lengkap dengan MCK maka masyarakat tidak lagi sulit untuk beribadah maupun yang memerlukan MCK.

"Pergunakanlah fasilitas ini dengan sebaik-baiknya untuk beribadah dan keperluan lain, rawatlah sehingga kebutuhan beribadah setiap waktu tidak lagi terganggu dengan minimnya fasilitas, "pesan wabup. 

Sebelumnya Wali Nagari Taluak Pendi Aswir jelaskan untuk pembangunan mushalla, pemerintah daerah memberikan bantuan untuk dua unit mushalla masing-masing sebesar Rp.150 juta, sementara untuk Mushalla Nurul Huda menjadi sebesar Rp.170 juta karena ada dana bantuan dari Tim Safari Ramadhan tahun lalu sebesar Rp.10 juta dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp.10 juta.

Sementara Mushalla Nur Arifin yang berdiri kokoh di tepi aliran sungai Batang Tampo ini, disebutkan wali nagari dimulai semenjak awal bulan November 2018 untuk tahap penyelesaian. Anggaran sebesar Rp.150 juta tersebut digunakan untuk mendam tebing sungai yang cukup tinggi, pembuatan tangga, tempat mandi, berwudhuk dan lain sebagainya.

Dia juga menyampaikan, "karena sisa anggaran masih ada maka dipergunakan untuk mengganti atap dan loteng, sehingga mushalla sudah lebih bersih dan saat ini tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah, namun juga oleh masyarakat yang transit atau istirahat disini, "ucapnya.

Tokoh Masyarakat Sitangkai Nagari Taluak Ali Murdi, sampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mengucurkan dana untuk pembangunan mushalla tersebut.

Ali Murdi menyebut jika bantuan tersebut tidak hanya untuk pembangunan Mushalla Nur Arifin namun juga untuk pembangunan mushalla yang diperbesar dan akan dijadikan masjid yaitu Masjid Nurul Huda yang lokasinya tidak jauh dari keberadaan mushalla ini, dan juga bantuan pembangunan rumah tabuah di Balai Sinayan (Pasar Senin).

"Terima kasih pemerintah daerah, semoga bantuan yang diberikan ini akan dapat kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya, "ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Ali juga minta kepada pemerintah daerah untuk menyediakan bak sampah, di sekitar simpang tiga Jorong Taruko Sitangkai ini agar masyarakat tidak lagi memanfaatkan sungai sebagai tempat membuang sampah.

Turut hadir saat syukuran dan peninjauan pembangunan mushalla itu, Camat Lintau Buo Zulkifli Idris, Forkopimca, Ketua GOW Retri Zuldafri Darma, Wali Jorong, tokoh masyarakat beserta tamu undangan.

Laporan : Humas

Editor : Joni Hermanto

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita